BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
Seiring berkembangnya teknologi, semua pekerjaan yang kita lakukan tidak bisa lepas dari computer, hampir segala bidang menggunakan computer. Baik dalam bidang pendidikan, kesehatan, maupun dunia kerja yang menggunakan computer sebagai alat pemroses transaksi dan lain –lain.
Fasilitas – fasilitas yang disediakan computer sangat memudahkan kita. Namun apakah kita mengetahui apa saja dan bagaimana sebuah co
mputer beroperasi?.
Pemrosesan computer merupakan dasar – dasar atau langkah bagaimana sebuah computer bekerja dan apa saja yang di perlukan sebuah computer untuk dapat beroperasi sesuai dengan perintah user. Dalam bahasan ini akan di jelaskan hal – hal mengenai arsiktektur computer, dan software.
Dengan di buatnya makalah ini di harapkan baik penulis maupun pembaca bisa mengerti bagaimana computer dapat bekerja, hal apa saja yang di butuhkan computer untuk beroperasi , dan fungsi atau peranan computer dalam kehidupan.
BAB II
PEMBAHASAN
Arsitektur Komputer
Dalam bidang
teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan
struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer
ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian
perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).
Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih
difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan
data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll).
Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur Van neumann,
CISC, RISC, blur Gene, dll.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
A. PERALATAN INPUT
1. KEYBOARD
Unit input yang paling popular, dimana pengguna
memasukan data dengan menekan tombol-tombol yang tepat.
2. ALAT PENUNJUK
·
Mouse
·
Trackball
·
Touch Screen
·
Light Pen
·
Unit Remote Control
3. ALAT INPUT
OTOMATIS DATA SUMBER
·
Alat Pembaca Optis, alat input yang membaca data dengan menyinari suatu
sinar terang di atas data dan kemudian menangkap citra yang terpantul pada
matriks sel-sel photoelectric. Contoh : Scanner, OCR (Optical Character
Recognition), OMR (Optical Mark Reader)
·
Alat Pembaca Magnetis, alat pembaca yang menggunakan tinta khusus yang
berisi zat yang dapat diberi muatan magnet. Contoh : MICR (Magnetic Ink
Character Recognition).
4. ALAT INPUT
PENGENAL SUARA
Unit pengenal suara (speech recognition unit)
·
Mikropon
·
Automatic Speech Recognation (ASR)
·
Touchtone
5. ALAT INPUT
VIDEO
Video Camera recorder atau Camcoder
6. ALAT INPUT
PENERIMA GERAK
7. ALAT INPUT
PENERIMA GERAK
·
Headset
·
Glove
·
Walker
B. PENYIMPANAN
SEKUNDER
·
Pita Magnetik : Reel Tape dan Tape Cartridge
·
Hard Disk : Removable dan Non removable
·
Floppy Disk
·
Piringan Optik : CD, DVD
·
USB Flash Disk
·
Smart Card
·
Kartu memori
C. PERALATAN OUTPUT
Dibagi menjadi dua, yaitu :
1. Softcopy,
terdiri dari dua jenis :
·
Monitor : CRT dan Layar Datar (LCD, EL, Plasma)
·
Audio
2. Hardcopy,
terdiri dari :
·
Printer : Impact, Thermal, Inkjet, Laser, Multifungsi
·
Plotter : Pena, Electrostatis, Thermal, Pemotong, Format
Le bar
·
Computer Output Microfilm (COM).
Software
Perangkat lunak terbagi menjadi dua yaitu:
Perangkat Lunak Sistem
a. Perangkat lunak
yang melaksanakan tuga-tugas dasar tertentu yang diperlukan semua pemakai
computer.
b. Ada tiga jenis
dasar perangkat lunak sistem :
i. Sistem Operasi, berfungsi sebagai interface antara
pemakai, perangkat lunak yang memproses data perusahaan dan perangkat keras.
Contoh : Windows XP, DOS, UNIX
Ada enam fungsi dasar sistem operasi :
1. Menjadwalkan
Tugas
2. Mengelola
sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak
3. Menjaga
keamanan sistem
4. Memungkinkan pembagian
sumber daya untuk beberapa pemakai
5. Menangani
Interrupt
6. Menyiapkan
catatan pemakaian
ii. Program Utility, suatu routine yang memungkinkan
pemakai untuk melaksanakan operasi pemrosesan data dasar tertentu yang tidak unik
pada satu aplikasi pemakai tertentu.
iii. Penerjemah Bahasa Komputer
ii. Bahasa Generasi Pertama, Bahasa Mesin (machine language)
iii. Bahasa Generasi Kedua, Assembler
iv. Bahasa Generasi Ketiga, Compiler dan Interpreter
v. Bahasa Generasi Keempat, Bahasa Alamiah 4GL, memungkinkan
programmer atau pemakai menginstruksikan computer apa dan bagaimana operasi
tersebut dilakukan. Di Bawah ini yang termasuk kedalam generasi bahasa keempat
:
1. Database Query
Language
2. Modelling
Language, khusus dirancang untuk pembuatan model matematika. Contoh : GPSS
3. Very High Level
Language : PASCAL, APL
4. Graph
Generators : paket grafik
5. Report Writer :
COBOL, RPG
6. Aplication
Generators : program aplikasi pembayaran gaji
Perangkat Lunak Aplikasi
Pemrograman Sendiri
Perusahaan menempatkan spesial informasi untuk
melakukan tugas merancang sistem berbasis computer yang memenuhi kebutuhan unit
perusahaan.
Paket Jadi
Ada empat kelompok besar :
1. Paket Aplikasi
Bisnis Umum
2. Paket Aplikasi
Khusus Industri
3. Paket Aplikasi
Peningkatan Produktivitas Organisasi
4. Paket
Peningkatan Produktivitas Perorangan
PERANAN PERALATAN INPUT DAN OUTPUT SERTA SOFTWARE
DALAM PEMECAHAN MASALAH
Keseluruhan komponen perangkat input, output dan
software dapat berperan langsung maupun tidak langsung dalam pemecahan masalah.
Semuanya saling behubungan dan mendukung kegiatan satu dengan yang lainnya.
Perangkat input dan output berperan dalam proses penyelesaian masalah dalam hal
perangkat keras, sedangkan perangkat lunak, baik sistem maupun aplikasi
membantu para manajer untuk meningkatkan produktivitas organisasi dan
perorangan, dengan menyederhanakan penciptaan dan transmisi data.
BAB III
KESIMPULAN
KESIMPULAN
Dalam sebuah computer terdaapat komponen-komponen yang saling mendukung agar dapat terjadinya suatu pemrosesan data yang di input menggunakan alat input dan di tampilkan menggunakan alat output.Disamping itu sebuah system operasi mempengaruhi sebuah pemrosesan di CPU karena system operasi sama halnya dengan otak pada manusia yang mengatur segala proses input output dan penyimpanannya.
Daftra Pustaka:
http://imammagribi.wordpress.com/2011/09/24/dasar-dasar-pemrosesan-komputer/
dharmayanti.staff.gunadarma.ac.id
http://zaidarrosyid.blogspot.com/2011/11/dasar-dasar-pemrosesan-komputer.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar